Backpackeran Cirebon - Semanu Gunung Kidul

Kereta Api Mataram Premium

Bismillah. Ada hikmah dalam setiap perjalanan. Rencana silaturahim ke keluarga istri di Gunung Kidul Yogyakarta hampir saja batal. Pasalnya tiket yang dipesan sebelumnya salah tanggal. Mungkin saya yang kurang teliti mengecek tanggal keberangkatan waktu pemesanan. Tiket yang harusnya dipesan untuk keberangkatan hari Sabtu tanggal 1 Juli 2017, malah tertulis 8 Juli 2017. Padahal, tanggal 8 itu harusnya sudah kembali ke Bandung. Anyway, Alhamdulillah bisa di reschedule meski bayar denda 25% + PPN.

Namanya Kereta Mataram Premium, kelasnya premium. Ini adalah kelas baru, bukan Eksekutif, Bisnis atau Ekonomi, tapi Premium (nanti ada kelas Pertamax dan Pertalite kali ya.... He..he..).
Tarifnya kelas ekonomi, namun kereta ini memiliki tempat duduk layaknya eksekutif namun tidak.bisa diputar. Gerbong baru dan segalanya serba baru (kursinya pun masih diplastikin...). Tarifnya 115.000 dari stasiun CirebonPrujakan berangkat pkl. 00.10 dan sampai ke stasiun Lempuyangan Yogya pkl. 05.30.

Sesampainya di Lempuyangan kita harus ke halte Transjogja untuk menuju Terminal Giwangan. Kami bisa saja jalan, tapi kasihan Izumi. Digendong berat, diajak jalan capek. Alhasil kami naik ojek, bayarnya 10.000 sampe halte Transjogja depan SMPN5. Dari situ naik bus jalur 4A (4B juga bisa) menuju terminal giwangan. Busnya nyaman dengan bayar hanya 3.500 saja.

Sampai Terminal Giwangan dilanjutkan dengan naik Bus Ekonomi sampai Terminal Wonosari, tarifnya 10.000 dengan jarak tempuh sekitar 1,5 Jam. Meski busnya tergolong bus lama, tapi supirnya baik. Izumi tiba-tiba ingin buang air besar, untung saja bus nya ngetem di pasar Piyungan dan supirnya bersedia untuk menunggu kami. Perjalananpun dilanjutkan dan kami sampai di terminal Wonosari.

Sampai di sana, kami tidak menggunakan angkutan umum lagi, melainkan dijemput oleh saudara kami yang tinggal di Semanu. Jika ingin menggunakan angkutan umum, di sini ada ojeg, angkot dan mobil ompreng. Tarifnya pun bervariasi, mulai 10.000 - 30.000.

Menunggu Kereta di Stasiun CirebonPrujakan

Halte Transjogja

Suasana Bus Ekonomi Giwangan - Wonosari

Komentar